PROFIL

A. PENDAHULUAN

         Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan upaya membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya..... (Sulistyo Basuki, 1993). Di samping itu dalam penjelasan Undang-Undang Pendidikan Nasional kita, disebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang mat penting tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih kurang profesional. Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu memenuhi kebutuhan penggunanya akan berbagai pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi ini. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi manajemen perpustakaan (SIM Perpus) dengan memanfaatkan komputer. Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan terutama kepala sekolah selaku stake holder di sekolah mewujudkan perpustakaan sekolah yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan menggunakan SIM Perpustakaan?

        Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapat porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak harus memberi perhatian lebih terhadap eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik.

       Dari berbagai sudut pemikiran di atas, Perpustakaan SDN Sungai Gampa 2 berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran serta fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge dapat terealisasikan secara optimal.


B. DASAR HUKUM
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan;
  3. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan;
  4. Surat Keputusan Kepala SDN Sungai Gampa 2 Nomor 149 Tanggal 31 Desember 2010 tentang Penunjukkan Tenaga Pengelola Perpustakaan SDN Sungai Gampa 2 Tahun 2011.

C. TUJUAN

C.1.  Tujuan Umum
Menjadi perpustakaan sekolah berbasis ICT serta pusat IPTEK dan Sumber Belajar warga sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi-misi serta suksesnya program sekolah.
C.2. Tujuan Khusus
  1. Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan dalam berbagai sektor kehidupan;
  2. Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi;
  3. Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan perpustakaan secara tepat guna dan berhasil guna;
  4. Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri;
  5. Memupuk dan mengembangkan minat dan bakat siswa;
  6. Menumbuhkan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif;
  7. Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri;
C.3. Tujuan Strategik

  1. Mewujudkan kualitas dan kuantitas buku bacaan dan referensi;
  2. Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima;
  3. Menerapkan administrasi pustaka yang profesional dan akuntabel;
  4. Melaksanakan layanan perpustakaan berbasis ICT;
  5. Merintis E-Library untuk wider accesing informasi dan IPTEK;


D. FUNGSI

       Perpustakaan sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan SDN Sungai Gampa 2, perpustakaan sekolah berfungsi sebagai:
  1. Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunaannya;
  2. Sumber rujukan (reference center) bagi siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada di bawah naungan SDN Sungai Gampa 2;
  3. Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional;
  4. Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar;
  5. Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, dan kreasi budaya.


E. SASARAN
  1. Para siswa SDN Sungai Gampa 2
  2. Kepala Sekolah dan guru SDN Sungai Gampa 2
  3. Staf Administrasi dan tata laksana SDN Sungai Gampa 2


J. JENIS-JENIS LAYANAN 
  1. Peminjaman berbagai jenis buku pelajaran, referensi, sastra, majalah, dan lain-lain.
  2. Multimedia (TV, VCD/DVD, LCD, Slide, dan lain-lain)
  3. Pemutaran film-film/CD/DVD/pembelajaran
  4. E-Library learning